Pembatalan Tiket Kereta Api Online

Dulunya pembatalan tiket Kereta api harus ke stasiun perlu mengantri pula. Isi form, iya kalo antrinya cepat mah enak, coba kalau antrinya kayak antrian ular panjangnya, bisa dibayangkan kan waktu dan tenaga yg dibutuhkan untuk sekedar membatalkan tiket atau ganti jadwal keberangkatan kereta kita? Tentu cara tsb merepotkan, terutama bagi kalian yang tidak memiliki waktu banyak. Apalagi di zaman sekarang ini yang serba digital.

Namun saat ini, udah ada solusi yang lebih gampang dan simple lho. Gak merepotkan lagi tuh yg namanya batalin/reschedule tiket Kereta. Krn saat ini penumpang bisa melakukan penjadwalan ulang/pembatalan tiket kereta melalui aplikasi KAI Access. Aplikasi tsb merupakan aplikasi resmi PT KAI yg bisa didownload di App Store untuk smartphone Barbasis IOS dan Play Store untuk smartphone Android. Penambahan fungsi reschedule dan pembatalan online tsb sudah diterapkan sejak Tahun 2018. Kabar baiknya, fungsi tsb tetap bisa dilakukan meskipun kita beli tiketnya melalui Chanel atau partner KAI lho spt traveloka.

Berikut cara melakukan pembatalan tiket via aplikasi KAI Access:

1. Pastikan aplikasi KAI Access kita menggunakan versi terupdate.

2. Register akun KAI Access menggunakan No. HP atau Email Gmail ataupun akun Facebook kalian. Pilih salah satu aja.

3. Nanti kalian bakal dpt email aktivasi KAI Access, dan dpt username dan password utk log in.

4. Setelah log in untuk pertama kali, rubahlah password KAI Access.

Begini cara utk pembatalan tiket yg dibeli melalui aplikasi KAI Access:

1. Pilih fitur “My Trips”. Pada menu “My Trips” pilih kode booking atau kode pemesanan yang akan dibatalkan. Tiket yang dapat dibatalkan adalah tiket yg sudah lunas dibayar.

2. Pada menu “E-Ticket” klik tombol pembatalan. Pembatalan maks 24 jam atau H-1 sebelum keberangkatan KA.

3. Pilih nama penumpang yang akan melakukan pembatalan. Centang kolom syarat dan ketentuan. Lalu klik lanjutkan proses pembatalan.

4. Masukkan akun bank dengan benar untuk pengembalian biaya (refund). Lalu klik lanjutkan proses pembatalan. Pastikan nomor rekening dan nama pemohon pembatalan sama dengan nama yang terdaftar pada buku rekening bank pemohon.

5. Jika data sudah benar, klik tombol konfirmasi dan lanjutkan. Kemudian pastikan Anda yakin akan melakukan pembatalan tiket dengan mengklik pilihan “Ya, saya yakin”.

Kalau kita beli tiket via Chanel selain KAI access bisa juga lho dibatalkan. Adapun Syarat pembatalan tiket yang dibeli melalui channel eksternal (spt Traveloka, Blibli, dll), harus menggunakan akun KAI Access yang telah teregistrasi sama identitas dalam tiket. Caranya sbb:

1. Pilih menu “My Trips”, lalu klik tombol tambah trip (simbol +).

2. Cari kode pemesanan atau kode pembayaran yang telah dipesan melalui channel pemesanan lain (Misal: Traveloka).

3. Selanjutnya di menu “My Trips” telah tersedia kode booking melalui channel eksternal, sehingga dapat digunakan untuk fitur pembatalan. Tiket hrs sdh lunas dibayar. Langkah berikutnya, sama dgn pembatalan tiket yang dibeli melalui aplikasi KAI Access.

Inget ya guys, pembatalan ticket Kereta api dikenakan biaya 25% dari harga tiket, jadi yang masuk ke rekening kalian nanti cuman 75 % nya ya. Oh iya, uang refund tiket akan masuk ke rekening kalian setelah 30-45 hari kerja setelah tgl kalian batalin tiket ya.

Kalau udh berhasil batalin ticket kalian akan dpt email konfirmasi spt dibawah ini:

Selamat mencoba ya, dan semoga berguna informasi ini!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s